PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HITUNG PERKALIAN PADA MURID TUNADAKSA KELAS DASAR V DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

EKA HERISUISTA (2022) PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HITUNG PERKALIAN PADA MURID TUNADAKSA KELAS DASAR V DI SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (43kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI.docx

Download (34kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (40kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERUNTUKKAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I EKA.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II EKA.docx

Download (298kB)
[img] Text
BAB III EKA.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV EKA.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB V EKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
KISI-KISI INSTRUMEN.doc

Download (43kB)
[img] Text
Dokumentasi Lampiran 6 sebelum.docx

Download (638kB)
[img] Text
Dokumentasi Lampiran 6 sebelum.docx

Download (638kB)
[img] Text
DATA HASIL PRETEST & POSTEST.doc

Download (43kB)
[img] Text
INSTRUMEN TEST.doc

Download (39kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

EKA HERISUISTA. 2015. “Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Hitung Perkalian Pada Murid Tunadaksa Kelas Dasar V Di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah hasil belajar hitung perkalian melalui penerapan metode jarimatika pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum penerapan metode jarimatika berada dalam kategori kurang. Sedangkan hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah penerapan metode jarimatika berada dalam kategori baik. Artinya ada peningkatan hasil belajar hitung perkalian pada murid tunadaksa kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penerapan metode jarimatika sehingga hasil belajar hitung perkalian meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:47
Last Modified: 04 Feb 2022 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21996

Actions (login required)

View Item View Item