PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF BAGI MURID TUNAGRAHITA RINGAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS DASAR I DI SLB YUKARTUNI PUSAT MAKASSAR

DWI WIDYA NINGSIH (2022) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF BAGI MURID TUNAGRAHITA RINGAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS DASAR I DI SLB YUKARTUNI PUSAT MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (36kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (60kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN (Autosaved).docx

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG.docx

Download (654kB)
[img] Text
BAB I 2 (Autosaved).docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II 2 (Autosaved).docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB III 2.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV2.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran VI.docx

Download (253kB)
[img] Text
Lampiran Foto.docx

Download (724kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (40kB)

Abstract

Dwi Widya Ningsih 2015. Penggunaan Media Animasi PowerPoint Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Bagi Murid Tunagrahita Ringan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Dasar I Di SLB Yukartuni Pusat Makassar Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah mendasar pelajaran Bahasa Indonesia pada murid tunagrahita ringan di kelas Dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar belum dapat membedakan huruf dan huruf-huruf yang hampir sama bentuknya pada pelajaran Bahasa Indonesia, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar sebelum menggunakan Media Animasi PowerPoint. 2. Bagaimanakah kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar setelah menggunakan Media Animasi PowerPoint. 3. Ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar melalui penggunaan Media Animasi PowerPoint. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar sebelum menggunakan Media Animasi PowerPoint. Untuk mengetahui kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar setelah menggunakan Media Animasi PowerPoint. Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar melalui penggunaan Media Animasi PowerPoint. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah murid tunagrahita ringan di kelas dasar I berjumlah 3 murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik tes lisan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia murid tunagrahita ringan di kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar sebelum menggunakan Media Animasi PowerPoint berada dalam kategori sangat tidak mampu. Sedangkan Kemampuan membaca huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia murid tunagrahita ringan di kelas dasar I di SLB Yukartuni Pusat Makassar setelah menggunakan Media Animasi Power�Point berada dalam kategori mampu. Dalam hal ini Penggunaan Media Animasi PowerPoint dapat meningkatan Kemampuan membaca huruf pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar I SLB Yukartuni Pusat Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:15
Last Modified: 03 Feb 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21993

Actions (login required)

View Item View Item