PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN VARIAN BACKUP PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI MAKASSAR

AGUSTINA. S (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN VARIAN BACKUP PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (30kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (49kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERUNTUKKAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (10kB)
[img] Text
LAMP 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMP 2 RPP.docx

Download (51kB)
[img] Text
LAMP 3 KISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMP 4 Format Bentuk Latihan Kemampuan Penjumlahan 1-10 dengan gambar.docx

Download (125kB)
[img] Text
LAMP 5 DATA HASIL TES.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran 6 tabel perbandingan.docx

Download (15kB)
[img] Text
INSTRUMEN SETELAH LAMPIRAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
INSTRUMEN SETELAH LAMPIRAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

AGUSTINA S. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Varian Backup Pada Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si. dan Dr. Bastiana, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya kemampuan penjumlahan pada mata pelajaran matematika pada peserta didik tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Makassar. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas dasar II Di SLB Negeri Makassar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup? 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas dasar II Di SLB Negeri Makassar setelah menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan penjumlahan peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar dalam menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup 2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup 3) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita kelas Dasar II Di SLB Negeri Makassar dalam menggunakan strategi pembelajaran Varian Backup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 4 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan teknik analisis data analisis kuantitatif deskriptif. Melalui penelitian ini secara empiris dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Makassar sebelum penerapam Varian backup berada dalam kategori sangat kurang. 2) Kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Makassar setelah penerapam Varian backup berada dalam kategori baik. 3) Ada peningkatan kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita ringan di SLB Negeri Makassar sebelum dan sesudah penerapam Varian backup

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:36
Last Modified: 03 Feb 2022 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21987

Actions (login required)

View Item View Item