PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK OUTDOOR BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 ENREKANG

SUHERMAN RIWANG, SUHERMAN (2020) PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK OUTDOOR BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 ENREKANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL SUHERMAN RIWANG.pdf

Download (380kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran gambar bentuk outdoor peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran gambar bentuk outdoor peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Enrekang Kabupaten Enrekang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sabjek /objek dalam penelitian ini adalah Guru dan peserta didik, sedangkan objeknya adalah seluruh gambar bentuk peserta didik kelas X IPA 1 dalam pembelajaran gambar bentuk outdoor. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1, pelaksanaan kegiatan pembelajaran gambar bentuk outdoor dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan, dan kegiatan evaluasi. 2, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran gambar bentuk outdoor nilai total 3059, rata-rata 80,5, Nilai tertinggi yang diperoleh oleh 2 siswa adalah 83 dan nilai terendah yang diperoleh siswa 2 adalah 78.3. Tidak ada siswa (0%) memperoleh nilai dalam kategori sangat baik dengan rentang nilai 90 -100, 31 siswa atau 83.78% memperoleh nilai dengan kategori baik dengan rentang nilai 80-89. 6 siswa atau 16.21% memperoleh nilai dalam kategori cukup dengan rentang nilai 65-79, tidak ada siswa (0%) memperoleh nilai dalam kategori kurang, kemudian tidak ada siswa (0%) memperoleh nilai dalam kategori sangat kurang. Saran sebaiknya guru tidak hanya melakukan pembelajaran gambar bentuk di dalam kelas saja (indoor) sebagai variasi guru juga dapat mencoba dengan pembelajaran gambar bentuk di luar kelas dengan mempertimbangan situasi dan kondisi seperti cuaca, tingkat kebisingan kemudian sarana dan prasarana. Pada saat pelaksanaan pembelajaran gambar bentuk outdoor sebaiknya guru menggunakan peralatan tambahan seperti papan tulis berukuran sedang untuk menjelaskan kepada siswa apabila pada saat proses berkarya siswa masih bingung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:38
Last Modified: 12 Apr 2022 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21983

Actions (login required)

View Item View Item