PENINGKATAN KETERAMPILAN INDEPENDENT TRAVEL MELALUI ATURAN PRINSIP ORIENTASI MOBILITAS PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR VI SLB NEGERI BULUKUMBA

A.FITRI SRI RAHAYU AMRIS (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN INDEPENDENT TRAVEL MELALUI ATURAN PRINSIP ORIENTASI MOBILITAS PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR VI SLB NEGERI BULUKUMBA.

[img] Text
sampul.docx

Download (35kB)
[img] Text
02.Motto, Abstrak, Prakata dkk - Copy.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 1 Kurikulum.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 2 Kisi-kisi Instrumen.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 3 format penilaian Kisi-kisi Instrumen.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (39kB)
[img] Text
Lampiran 5 RPP.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 6 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

A.FITRI SRI RAHAYU AMRIS, 2015. Peningkatkan Keterampilan Independent Travel Melalui Aturan Prinsip Orientasi Mobilitas Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar VI SLB Negeri Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.A.Budiman, M.Kes dan Drs.H.Syamsuddin, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian adalah kurangnya kemampuan orientasi mobilitas dalam keterampilan independent travel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan keterampilan independent travel melalui aturan prinsip orientasi mobilitas pada murid tunanetra kelas dasar VI SLB Negeri Bulukumba. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan independent travel melalui aturan prinsip orientasi mobilitas pada murid Tunanetra Kelas Dasar VI SLB Negeri Bulukumba. Subjek penelitian adalah 1 orang murid tunanetra kelas dasar VI SLB Negeri Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Single Subject Research dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2). Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan ndpendent travel dengan aturan prinsip orientasi mobilitas . Berdasarkan pada grafik keterampilan independent travel pada subjek terlihat trend menaik (+). Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah bahwa terjadi peningkatan keterampilan independent travel melalui aturan prinsip orientasi mobilitas pada murid tunanetra kelas dasar VI SLB Negeri Bulukumba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:56
Last Modified: 02 Feb 2022 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21972

Actions (login required)

View Item View Item