PENGGUNAAN ANIMASI POWER-POINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 1 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

Ariswandi (2022) PENGGUNAAN ANIMASI POWER-POINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 1 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL LUAR.docx

Download (18kB)
[img] Text
SAMPUL DALAM dkk.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (125kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
instrument peneliitan FIX (Repaired).docx

Download (85kB)
[img] Text
KISI-kisi.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 1 DATA HASIL PENELITIAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 4 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
Tabel 6.docx

Download (17kB)

Abstract

ARISWANDI, 2015. Penggunaan Animasi Power-Point Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas Dasar II Di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita sedang kelas dasar II di SLB Neg. 1 Mappakasunggu. Rumusan masalah adalah “Bagaimanakah penggunaan Animasi Power-Point dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita sedang kelas dasar II di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten takalar ?”. Tujuan utama adalah untuk mengetahui penggunaan Animasi Power-Point dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada murid tunagrahita sedang kelas dasar II di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Merupakan penelitian Eksperimen dengan desain A-B-A. Subyek penelitian adalah 1 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan teknik tes. Data yang diperoleh diolah secara kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita sedang kelas dasar II di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar pada fase baseline 1 pembelajaran berhitung penjumlahan dilakukan tanpa menggunakan animasi Power-Point. Fase baseline 1 menunjukkan kemampuan berhitung penjumlahan target behavior masih sangat rendah. Fase intervensi pembelajaran berhitung penjumlahan dilakukan dengan penggunaan animasi Power-Point yang menunjukkan hasil yang baik, hal ini di tunjukkan dengan meningkatnya mean level. Fase baseline 2 pembelajaran berhitung penjumlahan tanpa diberikan perlakuan (Intervensi) target behavior menunjukkan hasil yang sangat baik dengan meningkatnya mean level dan data yang stabil. Kesimpulan hasil dapat disimpulan bahwa penggunaan Animasi Power-Point dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita sedang kelas dasar II di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kab. Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:41
Last Modified: 28 Jan 2022 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item View Item