PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI SOMBA OPU

EFATI PADALAKA ATAMAU (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB NEGERI SOMBA OPU.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
MOTO DAN PERUNTUKKAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (908kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran 2.docx

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (23kB)
[img] Text
lampiran 7.docx

Download (32kB)
[img] Text
Lampiran 8.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Efati Padalaka Atamau. 2015. Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Permainan Teka-Teki Silang Bergambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLB Negeri Somba Opu. Skripsi ini Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si. Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada murid tunagrahita, khususnya kemampuan dalam penguasaan kosakata. Rumusan masalah dalam peneltian ini adalah, Apakah permainan teka-teki silang bergambar dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada murid tunagrahita ringan. Tujuan dalam penelitian ini adalah, Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu dengan menggunakan media permainan teka-teki silang bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kosakata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu sebelum penggunaan media permainan teka-teki silang bergambar berada dalam kategori kurang. Sedangkan kemampuan kosakata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu setelah penggunaan media permainan teka-teki silang bergambar berada dalam kategori baik sekali. Artinya ada peningkatan kemampuan kosakata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penggunaan media permainan teka-teki silang bergambar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Jan 2022 05:42
Last Modified: 28 Jan 2022 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21954

Actions (login required)

View Item View Item