PROSES BERKARYA ANYAMAN PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ATTAUFIQ PEKKAE KABUPATEN BARRU

AKSANUL HALQ, ANDI (2020) PROSES BERKARYA ANYAMAN PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ATTAUFIQ PEKKAE KABUPATEN BARRU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL ANDI AKSANUL HALQ (1381041046).pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya anyaman kertas siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq Pekkae Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berkarya anyaman siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq Pekkae. Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dan survey. Sasaran pada penelitian ini, yaitu proses pembuatan anyaman kertas di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq Pekkae Kabupaten Barru. Berjumlah 20 karya anyaman kertas, dengan rincian karya 20 karya anyaman , jumlah 40 siswa, setiap 1 karya anyaman terdiri atas 2 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis survey dengan pendekatan subjektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses berkarya anyaman di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq Pekkae Kabupaten Barru. Pada proses penelitian ini siswa sangat antusias dalam berkarya, mereka bebas menggunakan warna pakan yang diinginkan. Jika diamati semua hasil karya siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam proses pembuatan anyaman kertas, kebanyakan siswa membuat anyaman dengan pola bertangga satu dengan motif yang sederhana. Proses pembuatan motif yang sederhana, yaitu motif dengan bentuk kotak-kotak atau susunan balok. Hanya sedikit siswa yang tertarik membuat motif anyaman yang lebih rumit. Kebanyakan siswa lebih menyukai menggunakan warna pakan yang banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:37
Last Modified: 12 Apr 2022 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21928

Actions (login required)

View Item View Item