KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN KERTAS BERGARIS DOBEL PADA ANAK DISGRAFIA DI SD INPRES PERUMNAS II MAKASSAR

Muhammad Nasir (2022) KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN KERTAS BERGARIS DOBEL PADA ANAK DISGRAFIA DI SD INPRES PERUMNAS II MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (94kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
Data Hasil Penelitian.docx

Download (14kB)
[img] Text
Doc1.docx

Download (13kB)
[img] Text
hasil tes.docx

Download (1MB)
[img] Text
Instrument penelitian baru.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (176kB)
[img] Text
lampiran 2.docx

Download (17kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (702kB)
[img] Text
RPP 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
lampiran 2.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (83kB)

Abstract

Muhammad Nasir, 2015. Kemampuan Menulis Menggunakan Kertas Bergaris Dobel Pada Anak Disgrafia Di SD Inpres Perumnas II Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Drs. M. Shodiq, AM, M.Pd ; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan menulis misalnya siswa mengalami kesulitan memegang pulpen, ketika siswa memegang alat tulis seringkali terlalu dekat bahkan hampir menempel di kertas dan tangannya kelihatan kaku ketika menulis, siswa juga mengalami kesulitan ketika diminta menyalin contoh tulisan yang sudah ada, tulisannya tidak jelas, terputus-putus, terkadang tidak mengikuti garis, jarak antara huruf tidak sama, penggunaan huruf besar tidak konsisten, ketika disuruh menyelesaikan pekerjaan siswa jauh lebih lambat dari pada siswa lainnya anak disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan menulis siswa disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar dengan menggunakan kertas bergaris dobel? Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan menggunakan kertas bergaris dobel pada anak disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar. Desain yang digunakan adalah metode eksperimen subjek tunggal (single subject research) dengan desain penelitian A-B-A. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Teknik pengolahan data yaitu Analisis dalam kondisi meliputi panjang kondisi, kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data, rentang dan perubahan level. Dan Analisis antar kondisi meliputi jumlah variabel yag diubah, perubahan kecenderungan arah, perubahan kecenderungan stabilitas, perubahan level data, dan data yang tumpan tindih. Jumlah subjek yang diteliti yaitu satu orang yang berinisial MI. Berdasarkan pada grafik kemampuan menulis berita dan teks bacaan subjek (MI ) Baseline 1 berada pada kategori kurang mampu sedangkan pada Baseline 2 terjadi peningkatan yaitu berada kategori mampu. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penggunaan kertas bergaris dobel dapat meningkatkan kemampuan menulis anak disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:49
Last Modified: 26 Jan 2022 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item