Muhammad Nasir (2022) KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN KERTAS BERGARIS DOBEL PADA ANAK DISGRAFIA DI SD INPRES PERUMNAS II MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (24kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (94kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (193kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (279kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
Data Hasil Penelitian.docx Download (14kB) |
|
Text
Doc1.docx Download (13kB) |
|
Text
hasil tes.docx Download (1MB) |
|
Text
Instrument penelitian baru.docx Download (22kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1.docx Download (176kB) |
|
Text
lampiran 2.docx Download (17kB) |
|
Text
Dokumentasi.docx Download (702kB) |
|
Text
RPP 1.docx Download (26kB) |
|
Text
lampiran 2.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (83kB) |
Abstract
Muhammad Nasir, 2015. Kemampuan Menulis Menggunakan Kertas Bergaris Dobel Pada Anak Disgrafia Di SD Inpres Perumnas II Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Drs. M. Shodiq, AM, M.Pd ; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan menulis misalnya siswa mengalami kesulitan memegang pulpen, ketika siswa memegang alat tulis seringkali terlalu dekat bahkan hampir menempel di kertas dan tangannya kelihatan kaku ketika menulis, siswa juga mengalami kesulitan ketika diminta menyalin contoh tulisan yang sudah ada, tulisannya tidak jelas, terputus-putus, terkadang tidak mengikuti garis, jarak antara huruf tidak sama, penggunaan huruf besar tidak konsisten, ketika disuruh menyelesaikan pekerjaan siswa jauh lebih lambat dari pada siswa lainnya anak disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan menulis siswa disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar dengan menggunakan kertas bergaris dobel? Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan menggunakan kertas bergaris dobel pada anak disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar. Desain yang digunakan adalah metode eksperimen subjek tunggal (single subject research) dengan desain penelitian A-B-A. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Teknik pengolahan data yaitu Analisis dalam kondisi meliputi panjang kondisi, kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data, rentang dan perubahan level. Dan Analisis antar kondisi meliputi jumlah variabel yag diubah, perubahan kecenderungan arah, perubahan kecenderungan stabilitas, perubahan level data, dan data yang tumpan tindih. Jumlah subjek yang diteliti yaitu satu orang yang berinisial MI. Berdasarkan pada grafik kemampuan menulis berita dan teks bacaan subjek (MI ) Baseline 1 berada pada kategori kurang mampu sedangkan pada Baseline 2 terjadi peningkatan yaitu berada kategori mampu. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penggunaan kertas bergaris dobel dapat meningkatkan kemampuan menulis anak disgrafia di SD Inpres Perumnas II Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:49 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21923 |
Actions (login required)
View Item |