The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes

Nurhikmah H., Nurhikmah H. and Febriati, Farida and Ervianti, Ervianti (2021) The Impact of Computer-based Test and Students’ Ability in Computer Self - Efficacy on Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5 (4). pp. 603-610. ISSN 2549-4856

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Terindeks Sinta 2)
Artikel Jurnal Nasional Sinta 2 - The Impact Of Computer-Based Test And Students Ability...pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terindeks Sinta 2)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Sinta 2 - The Impact Of Computer-Based Test And Students Ability...pdf - Published Version

Download (519kB)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/arti...

Abstract

Era digitalisasi saat ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan, penggunaan teknologi dan informasai dalam dunia pendidikan tidak hanya untuk pembelajaran tapi sebagai alat evaluasi. Perkembangan ini menimbulkan permasalahan yang membutuhkan penyelesaian pemikiran tingkat tinggi oleh karena itu peserta didik perlu mempersiapkan kemampuan dalam berfikir dan mampu mengembangkan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk ntuk menganalisis Self efficacy Kemampuan Komputer terhadap hasil belajar siswa dan interaksi pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiman. Model penelitian eksperimen yang digunakan mengacu pada Quasi Eksperimen Design. Sampel penelitian secara keseluruhan 64 siswa. CBT digunakan dalam evaluasi mata pelajaran matematika dan digunakan angket untuk mengetahui tingkat self efficacy kemampuan komputer terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan ANOVA dua arah (two-way ANOVA) dengan menggunakan program software SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh CBT mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa dengan rerata nilai 85 dan rerata nilai 80 dan terdapat pengaruh self efficacy kemampuan komputer siswa dengan kriteria nilai 3.03 sangat berpengaruh dan kriteria nilai 2.78 berpengaruh. Interaksi Antara CBT dengan self efficacy kemampuan komputer memiliki korelasi sangat sempurna dengan hubungan positif. Hal ini berarti dapat di nyatakan bahwa terdapat pengaruh CBT dan self efficacy kemampuan komputer dan memiliki interaksi Antara computer-based test dan self efficacy terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CBT; CSE; Learning Outcomes
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 29 Jan 2022 14:25
Last Modified: 29 Jan 2022 14:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21916

Actions (login required)

View Item View Item