Rahmatia (2022) PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MURID TUNARUNGU KELAS DASAR VI DI SLB-B YPPLB MAKASSAR.
Text
sampul.docx Download (26kB) |
|
Text
halaman depan.docx Download (1MB) |
|
Text
isi skripsi.docx Download (281kB) |
|
Text
lampiran.docx Download (8MB) |
Abstract
RAHMATIA. 2014. Penggunaan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Murid Tunarungu Kelas Dasar VI di SLB-B YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd dan Dra. Hj. St. Murni, M. Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berbahasa lisan pada murid tunarungu kelas VI di SLB-B YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan murid tunarungu kelas dasar VI di SLB-B YPPLB Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa lisan murid tunarungu kelas dasar VI di SLB-B YPPLB sebelum dan setelah penggunaan metode bercerita. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah subyek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah satu orang murid tunarungu kelas dasar VI di SLB-B YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes perbuatan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan. Penggunaan metode bercerita pada baseline 1 (A1) menunjukkan kemampuan berbahasa lisan kurang , pada intervensi (B) menunjukkan kemampuan berbahasa lisan meningkat, dan pada baseline 2 (A2) kemampuan berbahasa lisan menunjukkan kestabilan atau tetap yang berarti meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan Metode Bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan murid tunarungu kelas dasar VI SLB-B YPPLB Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 07:21 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 07:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21910 |
Actions (login required)
View Item |