Mashud (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KOTAK ALFABET PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR.
Text
cover.docx Download (37kB) |
||
Text
Halaman Pertama.docx Download (67kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
||
Text
BAB II.docx Download (435kB) |
||
Text
BAB III.docx Download (25kB) |
||
Text
BAB IV.docx Download (81kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
||
Text
SK KD, KISI2, DATA HASIL PENELITIAN DAN RPP.docx Download (1MB) |
||
Text
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN.docx Download (117kB) |
||
|
Image
20140916_092100.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
20140916_092110.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
20140916_092304.jpg Download (808kB) | Preview |
|
|
Image
20140916_092124.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
20140916_092825.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (44kB) |
Abstract
Mashud, 2014. Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui kotak alfabet pada murid Tunagrahita ringan Kelas dasar II SLB-C YPPLB 2 makassar. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Medina. M. Si. Dan Drs. H. Agus Marsidi. M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan membaca murid tunagrahita ringan yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”1) Bagaimanakah kemampuan murid tunagrahita ringan sebelum penggunaan media kotak alfabet?, 2) Bagaimanakah kemampuan murid tunagrahita ringan setelah penggunaan media kotak alfabet? dan 3) Apakah ada peningkatan kemampuan membaca melalui penggunaan media kotak alfabet?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah ”1) Untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan sebelum penggunaan media kotak alfabet, 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan setelah penggunaan media kotak alfabet dan 3) Untuk mengetahui kemampuan membaca murid tunagrahita ringan, melalui penggunaan media kotak alfabet.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat menggambarkan mengenai kemampuan membaca murid yang analisisnya menggunakan analisis statistik. Subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas II di SLB C YPPLB 2 Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan yakni membaca huruf, suku kata dan kata. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan mambaca murid tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan sebelum menggunakan media kotak alfabet menunjukkan kategori sedang, 2) Kemampuan membaca murid tunagrahita ringan setelah menggunakan media kotak alfabet menunjukkan kategori mampu dan 3) Ada peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan dari kategori sedang menjadi sangat mampu.”
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 05:50 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 05:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21906 |
Actions (login required)
View Item |