PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR V SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Damaris Samara (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR V SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
DAMARIS SAMARA 104504002.docx

Download (1MB)

Abstract

Damaris Samara. 2014.Peningkatan hasil belajar bahasa indonesia melalui metode bermain peran pada murid Tunagrahita ringan di kelas dasar V SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa.Skripsi, Dibimbing oleh Prof. Dr H. Abd Hadis, M.Pd danDra.Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah hasil belajar bahasa Indonesia pada muridTunagrahita ringan di kelas Dasar V di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa rendah, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar Bahasa Indonesia murid Tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum menggunakan Metode bermain peran. 2)Bagaimanakah hasil belajar Bahasa Indonesia murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah menggunakan Metode bermain peran. 3)Adakah peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penggunaan Metode bermain peran.Tujuandalam penelitian ini adalah:1) Mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum menggunakan Metode bermain peran. 2)Mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa setelah menggunakan Metode bermain peran.3) Mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa melalui penggunaan Metode bermain peran.Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahitaringan di kelas dasar Vberjumlah 2murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia padamurid tunagrahita ringan di kelas dasar V di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa sebelum pemberian metode bermain peranberada pada kategorirendah. Sedangkan hasil belajar bahasa Indonesia padamurid tunagrahita ringan di kelas dasar V di SLB Somba Opu Kabupaten Gowa setelah pemberian metode bermain peranberada pada kategoritinggi.Artinya ada peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V DI SLB Somba Opu Kabupaten Takalar .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:50
Last Modified: 25 Jan 2022 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21901

Actions (login required)

View Item View Item