PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN KARPET HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB – C YPPLB MAKASSAR

Rini Lestari (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN KARPET HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB – C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
cover depan.docx

Download (29kB)
[img] Text
cover dalam.docx

Download (15kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (44kB)
[img] Text
pengesahan usulan penelitian.docx

Download (39kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skrip.docx

Download (15kB)
[img] Text
Motto dan peruntukkan.docx

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Isi dll.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I FIKS.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II FIKS.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III FIKS.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV FIKS.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB V FIKS.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
INSTRUMEN PENELITIAN RINI.docx

Download (833kB)
[img] Text
Hasil Uji Lapangan ( Validasi).docx

Download (23kB)
[img] Text
Riwayat hidup Rini.docx

Download (39kB)

Abstract

RINI LESTARI. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Karpet Huruf Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB–C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd dan Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada kompetensi Membaca Permulaan Murid Tunagrahita ringan di kelas dasar II SLB – C YPPLB Makassar . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar melalui penerapan metode bermain karpet huruf. Berdasar pada masalah, maka tujuan yang diteliti untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar dengan penerapan metode bermain karpet huruf. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah penggunaan metode bermain karpet huruf pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar II SLB – C YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan, adapun responden dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kategori yang mulanya gagal menjadi kategori sangat baik pada hasil kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB – C YPPLB Makassar dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode bermain karpet huruf.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:09
Last Modified: 25 Jan 2022 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21899

Actions (login required)

View Item View Item