PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MURID TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

NURFIANHY NINGSIH L. (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA RAKYAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MURID TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
BAB I.docx

Download (3MB)

Abstract

NURFIANHY NINGSIH L. 2014. Peningkatan Kemampuan Memahami Cerita Rakyat Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Murid Tunarungu Kelas V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Nahrawi, M.Si. dan Drs.Mufa’adi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita rakyat pada murid tunarungu kelas V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan? Berdasar pada masalah, maka tujuan yang diteliti untuk mengetahui kemampuan memahami cerita rakyat melalui penggunaan media audio visual pada murid tunarungu kelas V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah murid tunarungu kelas V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang masih aktif pada tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami cerita rakyat murid tunarungu kelas V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penggunaan media audio visual berada pada kategori tidak tuntas dimana nilai yang diperoleh berkisar antara 38-56. Sedangkan setelah penggunaan media audio visual pada murid tunarungu kelas V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan berada pada kategori tuntas dimana nilai yang diperoleh berkisar antara 75-85. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita rakyat pada murid tunarungu kelas V di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:30
Last Modified: 24 Jan 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21879

Actions (login required)

View Item View Item