Anita Kusumawati (2022) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT TANDA TANGAN MELALUI LATIHAN MOTORIK HALUS MURID TUNANETRA KELAS VII DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (420kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (150kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (13kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (2MB) |
|
Text
DATA REKAP KONSISTENSI.docx Download (13kB) |
|
Text
FOTO SESI.docx Download (953kB) |
|
Text
INSTRUMEN.docx Download (48kB) |
|
Text
LEMBAR PENILAIAN.docx Download (13kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (49kB) |
Abstract
ANITA KUSUMAWATI, 2014. Meningkatkan Keterampilan Membuat Tanda Tangan Melalui Latihan Motorik Halus Murid Tunanetra Kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Dr. Purwaka Hadi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik latihan motorik halus untuk meningkatkan keterampilan membuat tanda tangan murid tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik latihan motorik halus untuk meningkatkan keterampilan membuat tanda tangan murid tunanetra kelas VII di SLB-A YAPTI Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A (Baseline 1) --- B (Intervensi) --- A (Baseline 2) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui teknik tes dan teknik observasi Subjek penelitian adalah 1 orang murid tunanetra low vision kelas VII di SLB A YAPTI Makassar pada awalnya kemampuan motorik halus subjek dalam membuat tanda tangan masih sangat rendah, berkaitan dengan kondisi tersebut, maka penelitian ini akan dilaksanakan dengan teknik pelatihan motorik halus untuk meningkatkan keterampilan membuat tanda tangan murid tunanetra kelas VII di SLB A YAPTI Makassar tahun ajaran 2013/2014. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memberikan latihan motorik halus dapat meningkatkan keterampilan membuat tanda tangan subjek. Hal ini berdasarkan pada grafik keterampilan membuat tanda tangan subjek meningkat. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah bahwa latihan motorik halus dapat meningkatkan keterampilan membuat tanda tangan dan juga efektif digunakan dalam melatih murid tunanetra membuat tanda tangan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:26 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21875 |
Actions (login required)
View Item |