PENGGUNAAN GAME INTERAKTIF DALAM MENGENAL ANGKA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR I DI SLB JENETALLASA KABUPATEN GOWA

TANTI YULIANTI YUSUF (2022) PENGGUNAAN GAME INTERAKTIF DALAM MENGENAL ANGKA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR I DI SLB JENETALLASA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
SAMPUL DAN DAFTAR ISI.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (11kB)
[img] Text
INSTRUMEN.docx

Download (459kB)
[img] Text
LEMBAR PENGAMATAN.docx

Download (315kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.docx

Download (368kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

Tanti Yulianti Yusuf, 2014. “Penggunaan Game Interaktif Dalam Mengenal Angka Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar 1 di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman M. Kes selaku pembimbing I dan Drs. Nahrawi, M.Si, selaku pembimbing II. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Penggunaan Game Interaktif Dalam Mengenal Angka Pada murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar 1 Di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa, dengan jumlah murid sebanyak 2 orang dalam mengenalkan angka 1 sampai 10 masih rendah sehinggga perlu diupayakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik minat bagi murid tunagrahita ringan salah satunya dengan penggunaan game interaktif. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa sebelum dan sesudah menggunakan game interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa sebelum dan sesudah penggunaan game interaktif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif yaitu untuk mengetahui kemampuan mengenal angka pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa melalui penggunaan game interaktif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan kemampuan mengenal angka pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa, yang dalam penelitian ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yakni sebelum (pre-test) dan sesudah (post-tes) pembelajaran, dengan menggunakan game interaktif. Subjek penelitian ini adalah seluruh murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa yang berjumlah dua (2) orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I sebelum menggunakan game interaktif masukdalam kategori tidak mampu, (2) kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I setelah menggunakan game interaktif mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori cukup mampu. Kesimpulannya bahwa dengan penggunaan game interaktif dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Jenetallasa Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:41
Last Modified: 21 Jan 2022 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21866

Actions (login required)

View Item View Item