PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOMETRI PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IIIDI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR

SITI FATIMAH (2022) PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOMETRI PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IIIDI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
SAMPUL BU FATIMAH.docx

Download (47kB)
[img] Text
sampul II ujian hasil.docx

Download (72kB)
[img] Text
foto penelitian tanpa halaman.docx

Download (2MB)
[img] Text
Copy of Copy of FINISHING HASIL doc.docx

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat hidup.docx

Download (1MB)

Abstract

SITI FATIMAH. 2014. “Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa;Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar matematika sebelum penggunaan media tiga dimensi; bagaimanakah hasil belajar matematika sesudah penggunaan media tiga dimensi; dan apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media tiga dimensi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur?. Tujuan penelitian ini adalah; untuk mengetahui hasil belajar matematika sebelum penggunaan media tiga dimensi; untuk mengetahui hasil belajar matematika setelah penggunaan media tiga dimensi; dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media tiga dimensi pada murid kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan media tiga dimensi pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Adapun Variabel penelitian yang terdiri dari dua variable yaitu penggunaan media tiga dimensi dan hasil belajar matematika. Responden dalam penelitian sebanyak tiga orang murid. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan dan pemberian tugas yaitu mengelompokkan bangun ruang menurut bentuknya, menghitung jumlah sisi bangun ruang, menunjuk bentuk bangun ruang dan merancang bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Hasil belajar matematika sebelum penggunaaan media tiga dimensi menunjukkan kategori gagal; Hasil belajar matematika sesudah penggunaaan media tiga dimensi menunjukkan kategori cukup baik; dan terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur dari kategori gagal menjadi kategori cukup baik, berarti penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jan 2022 05:44
Last Modified: 21 Jan 2022 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21860

Actions (login required)

View Item View Item