PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR V SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

ARDIANSYAH MAHMUD (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR V SLB NEGERI SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul luar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
sampul dalam.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I new.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II new.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB III new.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV new.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB V new.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lampiran 3.pdf

Download (5MB)
[img] Text
lampiarn 4 RPP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
doc.pdf

Download (15MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (3MB)

Abstract

ARDIANSYAH MAHMUD. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Melalui Metode Jarimatika Pada Murid Tunagrahita Ringan Dikelas Dasar V SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing. oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Drs. M Shodiq, AM. M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah peningkatan hasil belajar penjumlahan melalui metode jarimatika pada murid tunagrahita ringan dikelas dasar V SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid tunagrahita dikelas dasar V SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan melalui penggunaan metode jarimatika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan dikelas dasar V SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes, (pre test dan post test) . Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penjumlahan pada murid tunagrahita ringan dikelas dasar V SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa mengalami peningkatan setelah melalui metode jarimatika dibandingkan sebelum melalui metode jarimatika. Metode jarimatika dapat meningkatkan belajar penjumlahan murid Tunagrahita Ringan kelas dasar V SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:01
Last Modified: 21 Jan 2022 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item View Item