PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI LATIHAN PERSEPSI BUNYI PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Fitra Aswadi (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI LATIHAN PERSEPSI BUNYI PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB BONTOHARU KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR.

[img] Text
Sampul Lengkap Fitra.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
Bab III Fitra.docx

Download (33kB)
[img] Text
Bab IV Fitra.docx

Download (67kB)
[img] Text
Bab V Fitra.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Fitra.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran Fitra.docx

Download (54kB)
[img] Text
Riwayat Penididikan.docx

Download (102kB)

Abstract

Fitra Aswadi, 2013. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Latihan Bina Persepsi Bunyi dan Irama pada Murid tunarungu Kelas Dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes. dan Drs. Mustafa, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah pokok dalam penulisan skripsi ini adalah “Apakah latihan persepsi bunyi dapat meningkatkan kemampuan berbicara murid Tunarungu kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui latihan persepsi bunyi dalam meningkatkan kemampuan berbicara murid Tunarungu kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah murid Tunarungu kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar yang masih aktif pada tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi hasil belajar murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara murid Tunarungu kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar sebelum latihan persepsi bunyi berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukkan kemampuan berbicara kelima subyek penelitian berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Sedangkan setelah pembelajaran dengan latihan persepsi bunyi pada murid Tunarungu kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar menunjukkan kemampuan berbicara kelima subjek mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Hal ini berarti bahwa kelima subyek telah berada pada kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa latihan persepsi bunyi dapat meningkatkan kemampuan berbicara murid Tunarungu kelas dasar IV Di SLB Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:47
Last Modified: 21 Jan 2022 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item View Item