Pengajaran Bahasa Inggris Interaktif Pada Guru PAUD di Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros

Hajerah, Hajerah and Amal, Azizah and Syamsuardi, Syamsuardi (2019) Pengajaran Bahasa Inggris Interaktif Pada Guru PAUD di Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial, 8 (1). pp. 20-23. ISSN 2089-7510

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengajaran Bahasa Inggris Interaktif Pada Guru PAUD .pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengajaran Bahasa Inggris Interaktif Pada Guru PAUD .pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPS...

Abstract

Tugas seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah mengajar, selain itu juga guru PAUD bertugas mendidik dan membimbing anak dalam proses perkembangan yang dimiliki setiap anak. Dari semua aspek perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak tersebut khususnya perkembangan Bahasa dalam hal ini adalah pengenalan Bahasa inggris. Namun fakta yang terjadi dilapangan bahwa para guru masih banyak yang belum mampu mengajarkan Bahasa inggris interaktif pada anak di Pendidikan anak usia dini (PAUD). Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan pembelajaran Bahasa inggris interktif bagi guru PAUD di Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Kegiatan diawali dengan pemberian materi. Setelah pemberian materi para guru diperkenalkan lagu, cerita, permaian dan yang terakhir adalah crafting (keterampilan) dalam bentuk Bahasa Inggris. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) bulan. Secara umum semua peserta pelatihan mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias dan sungguh-sungguh. Hal tersebut terlihat dari semangat mereka datang menghadiri kegiatan tersebut meskipun jarak dari tempat tinggi mereka tergolong cukup jauh dari lokasi pelatihan, kemudian mereka sungguh-sungguh dalam melaksanakan semua tugas yang diberikan, beberapa pertanyaan yang mereka lontarkan pada saat dibuka sesi tanya jawab. Setelah memberikan pemahaman tentang perkembangan Bahasa Inggris pada anak, selanjutnya guru dibimbing dalam mengenal lagu-lagu, cerita yang berbahasa Inggris, menerapkan bentuk permainan berupa total physical response (TPR). Dan yang terakhir adalah keterampilan (crafting). Hal tersebut terbukti dari hasil keterampilan (crafting) setiap guru dalam mem

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa inggris interaktif, dan guru PAUD
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 20 Jan 2022 15:34
Last Modified: 20 Jan 2022 15:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21855

Actions (login required)

View Item View Item