ARDIANSYAH (2022) Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.
Text
Cover.docx Download (22kB) |
|
Text
PERSETUJUAN skripsi PEMBIMBING.docx Download (25kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (23kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
Motto dan peruntukkan.docx Download (26kB) |
|
Text
Daftar Isi seminar Skripsi.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (84kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (18kB) |
|
Text
Foto Dokumentasi.docx Download (278kB) |
|
Text
hasil pre n post test.docx Download (22kB) |
|
Text
Riwayat hidup.docx Download (117kB) |
Abstract
ARDIANSYAH. 2014.Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Shodiq, AM, M.Pd dan Drs. Nahrawi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II terutama pada aspek mengenal dan melafalkan huruf- huruf vokal maupun konsonan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode drill pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur sebelum dan setelah penerapan metode drill. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yakni untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur sebelum dan setelah penerapan metode drill. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes ( tes lisan dan tes perbuatan). Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 3 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yakni mendeskripsikan nilai tes awal dan tes akhir kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur sebelum dan setelah penerapan metode drill yang digambarkan melalui tabel distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan metode drill terdapat 2 (dua) orang murid berada pada kategori gagal dan 1 (satu) orang murid berada pada kategori kurang, selanjutnya setelah diterapkan metode drill terdapat 2 (dua) orang murid berada pada kategori baik dan 1 (satu) orang murid berada pada kategori sangat baik. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Tanah Grogot dapat ditingkatkan melalui penerapan metode drill.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:08 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21853 |
Actions (login required)
View Item |