PENGGUNAAN MISTAR BILANGAN BULAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

JUHRIANSYAH (2022) PENGGUNAAN MISTAR BILANGAN BULAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB NEGERI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
Cover juhri.docx

Download (30kB)
[img] Text
Motto dan peruntukkan.docx

Download (20kB)
[img] Text
prakata juhri.docx

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Isi dll.docx

Download (30kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (54kB)
[img] Text
Bab 3.docx

Download (29kB)
[img] Text
Bab IV.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Text
Instrumen Penelitian matematika.docx

Download (96kB)
[img] Text
hasil postes juhri tabel.docx

Download (22kB)
[img] Text
riwayat hidup juh.docx

Download (37kB)

Abstract

Juhriansyah, 2014. Penggunaan mistar bilangan bulat dalam meningkatkan hasil belajar matematika murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Drs. Nahrawi, M.Si. Jurusan Pendidikan luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi dari hasil belajar murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur dalam hal berhitung penjumlahan dan pengurangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar matematiaka murid tunagrahita ringan kelas dasar III melalui penggunaan mistar bilangan bulat di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan mistar bilangan bulat pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan jenis penilitian deskriptif yaitu untuk menggambarkan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot, yang dalam penelitian ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yakni sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pembelajaran matematika dengan menggunakan mistar bilangan bulat. Reponden penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan di kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot yang berjumlah 4 (empat) orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan mistar bilangan bulat pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot yang tadinya dalam kategori gagal menjadi kategori baik. Kesimpulannya bahwa dengan penggunaan mistar bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser provinsi Kalimantan Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:40
Last Modified: 20 Jan 2022 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21850

Actions (login required)

View Item View Item