PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IX SMPLBN TANA PASER KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Agus Dwi Purwaningsih (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IX SMPLBN TANA PASER KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (54kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (788kB)

Abstract

AGUS DWI PURWANINGSIH ,2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar pada Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas IX SMPLBN Tana Paser Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si dan Dra. Tatiana Medina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah kemampuan siswa tunagrahita ringan kelas IX SMPLBN Tana Paser. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar Matematika pokok bahasan Bangun Datar pada siswa tuna grahita ringan kelas IX SMPLBN Tana Paser Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together ?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Hasil belajar matematika siswa tunagrahita ringan kelas IX SMPLBN Tana Paser sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together? 2) Untuk mengetahui hasil Belajar matematika siswa tunagrahita ringan kelas IX SMPLBN Tana Paser sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together? 3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa tunagrahita ringan kelas IX SMPLBN Tana Paser?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian kepada seluruh siswa yang berjumlah 4 orang murid, pengumpulan data dengan teknik tes, sedangkan teknik analisis data dengan analisis statistik deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita ringan kelas IX SMPLBN sebelum menggunakan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di kategorikan kurang mampu. Kemampuan hasil belajar siswa tunagrahita ringan kelas IX SMPLBN sesudah melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe numbered head together dikategorikan mampu. Ada peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika setelah menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe numbered head together pada siswa tunagrahita ringan Kelas IX SMPLBN, artinya dengan menggunakan Penerapan pembelajarn Kooperatif Tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika pada siswa Tunagrahita Ringan kelas IX SMPLBN Tana Paser Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:00
Last Modified: 20 Jan 2022 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21847

Actions (login required)

View Item View Item