MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

HUSNUL HATIMAH (2022) MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (35kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (142kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

HUSNUL HATIMAH, 2014. Peningkatan Hasil Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Skripsi dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Mufa’adi, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji hasil belajar ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan media gambar, Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur sebelum penggunaan media gambar? 2) Bagaimana hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur sesudah penggunaan media gambar? 3) Apakah ada peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur melalui penggunaan media gambar?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur sebelum penggunaan media gambar? 2) Mengetahui hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur sesudah penggunaan media gambar? 3) Mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur melalui penggunaan media gambar ?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, fokus penelitian ini adalah penerapan media gambar dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan alam dan hasil belajar Ilmu pengetahuan alam, subjek penelitian adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Paser Kalimantan Timur sebanyak 6 orang terdiri dari 4 laki-laki dan 2 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk tes. Hasil belajar ilmu pengetahuan alam Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLBN Tana Grogot sebelum penggunaan media gambar berada pada kategori kurang. Hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Tanah Grogot sesudah penggunaan media gambar berada pada kategori baik sekali. Ada peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid tunagrahita ringan Kelas Dasar II di SLBN Tana Grogot Gambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:53
Last Modified: 20 Jan 2022 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21846

Actions (login required)

View Item View Item