PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Sholekhatun Thoyyibah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
COVER.doc

Download (35kB)
[img] Text
COVER 2.doc

Download (150kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB I, II ,III, IV, V.doc

Download (27MB)
[img] Text
BAB I, II ,III, IV, V.doc

Download (27MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (28kB)

Abstract

Sholekhatun Thoyyibah, 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V Di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Drs. M. Shodiq. AM, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. . Penelitian ini mengkaji hasil belajar matematika dengan menggunakan media gambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah hasil belajar matematika murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantaan Timur sebelum menggunakan media gambar. 2). Bagaimanakah hasil belajar matematika murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantaan Timur sesudah menggunakan media gambar. 3). Apakah ada peningkatan hasil belajar matematika murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantaan Timur dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) hasil belajar matematika sebelum menggunakan media gambar pada murid kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. 2). hasil belajar matematika setelah menggunakan media gambar pada murid kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur 3). apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, fokus penelitian ini adalah penerapan media gambar dalam pembelajaran Matematika dan hasil belajar Matematika. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 4 orang, 3 laki-laki dan 1 perempuan, yang disebut dengan sampel total. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif persentase. Hasil penelitian 1) sebelum menggunakan media Gambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur berada pada kategori rendah. Sedangkan hasil penelitian 2) sesudah diterapkan media gambar mencapai pada kategori tinggi. 3) Jadi, media gambar dapat meningkatkan hasil belajar murid tunagrahita ringan pada pembelajaran Matematika kelas dasar V di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.

Item Type: Article
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:05
Last Modified: 20 Jan 2022 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item