PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU INDEKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR VB DI SLB NEGERI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR

FRANSISKA BUNGA (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU INDEKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR VB DI SLB NEGERI TANAH GROGOT KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (86kB)
[img] Text
Skripsi Siska.docx

Download (123kB)
[img] Text
Lampiran -Lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (5MB)
[img] Text
Riwayat Fransiska Bunga.docx

Download (35kB)

Abstract

Fransiska Bunga. 2014. Penerapan media pembelajaran kartu indeks untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada murid tunarungu kelas dasar VB di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Nahrawi, M.Si pada Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn pada murid tunarungu kelas dasar VB di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media pembelajaran kartu indeks dapat meningkatkan hasil belajar PKn murid tunarungu kelas Dasar VB di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan kartu indeks pada murid tunarungu kelas VB di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah sembilan orang murid tunarungu. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar PKn pada murid tunarungu sebelum diterapkan media pembelajaran kartu indeks berada dalam kategori rendah dan hasil belajar PKn murid tunarungu setelah penerapan media pembelajaran kartu indeks berada dalam kategori tinggi. Artinya; terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada murid tunarungu kelas dasar VB di SLB Negeri Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur melalui penerapan media pembelajaran kartu kartu indeks.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2022 05:43
Last Modified: 19 Jan 2022 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21825

Actions (login required)

View Item View Item