PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA ABJAD MAGNETIK PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR I DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

WIDYA INTAN YUNIANTIKA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA ABJAD MAGNETIK PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR I DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (38kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skrip.docx

Download (18kB)
[img] Text
Motto dan peruntukkan.docx

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Isi dll.docx

Download (36kB)
[img] Text
bab 1.doc

Download (72kB)
[img] Text
bab 2.doc

Download (141kB)
[img] Text
bab 3.doc

Download (68kB)
[img] Text
bab 4.docx

Download (75kB)
[img] Text
bab 5.docx

Download (26kB)
[img] Text
daftar pustaka.doc

Download (57kB)
[img] Text
Lampiran I.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat hidup.docx

Download (37kB)

Abstract

WIDYA INTAN YUNIANTIKA. 2014. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Abjad Magnetik Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar I di SLB Negeri Tanah Grogot”. Skripsi Dibimbing oleh Dr.Bastiana,M.Si.dan Dra.Tatiana Meidina, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan di kelas Dasar I SLBN Tanah Grogot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah menggunakan media abjad magnetik pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar I SLBN Tanah Grogot. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah menggunakan media abjad magnetik pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar I SLBN Tanah Grogot. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLBN Tanah Grogot yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLBN Tanah Grogot sebelum menggunakan media abjad magnetik menunjukkan kategori kurang mampu, sedangkan setelah menggunakan media abjad magnetik menunjukkan kategori mampu. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar I di SLB Negeri Tanah Grogot. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar I di SLB Negeri Tanah Grogot dapat ditingkatkan melalui media abjad magnetik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:58
Last Modified: 19 Jan 2022 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item View Item