PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN BERGAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Salehah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN BERGAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (51kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (96kB)
[img] Text
skripsi ibu haji terbaru.docx

Download (126kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
INSTRUMEN TES PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN MELALAU.docx

Download (49kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Salehah, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan Bergambar pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II DI SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd., dan Drs. M. Shodiq. AM, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar penjumlahan pada murid tunagrahita di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah hasil belajar penjumlahan sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bilangan bergambar kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan? Apakah terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan setelah menggunakan media kartu bilangan bergambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun subjek penelitian sebanyak 7 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan penjumlahan melalui penggunaan media kartu bilangan bergambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum diberikan latihan penjumlahan berada dalam kategori rendah. Kemampuan penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sesudah diberikan latihan penjumlahan melalui media kartu bilangan bergambar berada dalam kategori tinggi. Dengan kata lain media kartu bilangan bergambar dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada murid tunagrahita kelas dasar II di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:14
Last Modified: 18 Jan 2022 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item View Item