PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR VI DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Putera Arrum Al Wahid (2022) PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR VI DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
Sampul.docx

Download (34kB)
[img] Text
Hal.Depannya.docx

Download (86kB)
[img] Text
Daftar isi.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, V. DP.docx

Download (135kB)
[img] Text
DP.docx

Download (23kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (87kB)
[img] Text
Riwayat Pendidikan.docx

Download (266kB)

Abstract

Putera Arrum Al Wahid, 2012, Penerapan Teknik Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar VI di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dra. Hj. St. Murni, M.Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang hasil belajar murid tunagrahita kelas dasar VI SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimal (KKM) pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang telah ditetapkan yaitu  60. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik scramble dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar VI pada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan teknik scramble bagi murid tunagrahita ringan kelas dasar VI pada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 4 murid tunagrahita ringan kelas dasar VI SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid tunagrahita ringan kelas dasar VI pada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi selatan sebelum diterapkan tehnik scramble termasuk dalam kategori tidak tuntas. Kemudian setelah diterapkan tehnik scramble pada tes akhir, terdapat peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid tunagrahita ringan kelas dasar VI pada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan termasuk dalam kategori tuntas. Dengan adanya perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial dari sebelum sampai dengan setelah diterapkan tehnik scramble maka diindikasikan bahwa ada peningkatan hasil belajar ilmu pmuridengetahuan sosial tunagrahita ringan kelas dasar VI pada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Artinya dengan diterapkan tehnik scramble dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, maka hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid tunagrahita ringan kelas dasar VI pada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:09
Last Modified: 18 Jan 2022 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21799

Actions (login required)

View Item View Item