Poppy Indriyana (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN POHON HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULSEL.
Text
SAMPUL,PRAKATA Poppy.doc Download (101kB) |
|
Text
BAB I Acc.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II Acc.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB III Acc.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB IV Acc.docx Download (71kB) |
|
Text
BAB V Acc.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
Batas Lampiran.docx Download (10kB) |
|
Text
Dokumentasi.docx Download (960kB) |
|
Text
Lampiran 1 poppy.docx Download (20kB) |
|
Text
Lampiran 3 popsay.docx Download (74kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP POPPY.docx Download (39kB) |
Abstract
Poppy Indriyana, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain Pohon Huruf pada Murid Tunagrahita Ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M. Si dan Drs. H. Agus Marsidi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar membaca permulaan dengan menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar membaca permulaan dengan menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan pada kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2012/ 2013 sebanyak 5 orang murid. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum menggunakan metode Bermain Pohon Huruf termasuk dalam kategori tidak mampu. Sedangkan setelah menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan termasuk pada kategori mampu. Jadi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Bermain Pohon Huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:19 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21796 |
Actions (login required)
View Item |