PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN POHON HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULSEL

Poppy Indriyana (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN POHON HURUF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULSEL.

[img] Text
SAMPUL,PRAKATA Poppy.doc

Download (101kB)
[img] Text
BAB I Acc.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II Acc.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III Acc.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV Acc.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB V Acc.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
Batas Lampiran.docx

Download (10kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (960kB)
[img] Text
Lampiran 1 poppy.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 3 popsay.docx

Download (74kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP POPPY.docx

Download (39kB)

Abstract

Poppy Indriyana, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain Pohon Huruf pada Murid Tunagrahita Ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M. Si dan Drs. H. Agus Marsidi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar membaca permulaan dengan menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar membaca permulaan dengan menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan pada kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2012/ 2013 sebanyak 5 orang murid. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum menggunakan metode Bermain Pohon Huruf termasuk dalam kategori tidak mampu. Sedangkan setelah menerapkan metode Bermain Pohon Huruf pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan termasuk pada kategori mampu. Jadi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Bermain Pohon Huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:19
Last Modified: 17 Jan 2022 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item View Item