PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN HURUF VOKAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERMIN PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Mirna Yusriati (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUCAPKAN HURUF VOKAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERMIN PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
PLB-MIRNA YUSRIATI.docx

Download (1MB)

Abstract

Mirna Yusriati. 2013, Skripsi Peningkatan Kemampuan Mengucapkan Huruf Vokal Melalui Penggunaan Media Cermin Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar I Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang terjadi di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang menunjukkan bahwa murid tunarungu kelas dasar I memiliki kemampuan mengucapkan huruf vokal yang rendah. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin? 2). Apakah ada peningkatan kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin. 2). Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media cermin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun fokus penelitian ini adalah kemampuan mengucapkan huruf vokal dan media cermin. Yang menjadi unit analisis penelitian sebanyak 5 orang murid. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media cermin dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan huruf vokal pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Hal tersebut dapat dilihat dari: a). Hasil belajar bahasa indonesia pada kompetensi mengucapkan huruf vokal melalui penggunaan media cermin pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penggunaan media cermin tidak tuntas menjadi tuntas sesudah penggunaan media cermin. b). Terjadi peningkatan keaktifan murid dalam pembelajaran mengucapkan huruf vokal melalui penggunaan media cermin pada murid tunarungu kelas dasar I di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:50
Last Modified: 17 Jan 2022 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item