PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI DI SMKN 2 MAROS

Arfandi, Anas and Panennungi, Panennungi (2021) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI KELAS XI DI SMKN 2 MAROS. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 8 (2). pp. 39-45. ISSN 2721-7612

[img] Text (Artikel Ilmiah)
2021 Arifuddin 24845-61295-1-SM.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Jurnal Nasional Arifuddin.pdf - Published Version

Download (3MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/24845

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Google Classroom terhadap minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Selain itu untuk mengetahui penerapan aplikasi Google Classroom dan menguraikan minat belajar siswa pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Maros tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas XI DPIB dengan jumlah sampel 30 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan aplikasi google clasroom sudah baik, namun minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi masuk dalam kategori rendah. Dari analisis data diperoleh persamaan Y=13.722+0.652X+e, nilai t hitung sebesar 8,818 dimana nilai tersebut lebih besar dari t tabel 2,048 maka Ha diterima dan Ho di tolak artinya ada pengaruh antara penerapan aplikasi google classroom terhadap minat belajar siswa dengan nilai R 2 sebesar 73,5%.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:34
Last Modified: 17 Jan 2022 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21791

Actions (login required)

View Item View Item