MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR OPERASI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI TEKNIK PENJUMLAHAN BERULANG PADA MURID TUNADAKSA KELAS IV/D DI SLB NEGERI BARRU

Rosmala Dewi (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR OPERASI PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI TEKNIK PENJUMLAHAN BERULANG PADA MURID TUNADAKSA KELAS IV/D DI SLB NEGERI BARRU.

[img] Text
cover SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
SAMPUL SKRIPSI DEWI.docx

Download (37kB)
[img] Text
DEWI SKRIPSI.docx

Download (94kB)
[img] Text
ROSMALA KISI-KISI 1.docx

Download (24kB)

Abstract

ROSMALADEWI. 2012. Meningkatkan Kemampuan Belajar Operasi Perkalian Melalui Teknik Penjumlahan Berulang Pada Murid Tunadaksa Kelas IV/D Di SLB Negeri Barru. Dibimbing oleh Dra. Hj.St.Kasmawawti,M.Si dan Drs. M. Shodiq, AM. M.Pd. Jurusan PLB Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji penerapan teknik penjumlahan berulang pada upaya meningkatkan kemampuan belajar operasi perkalian murid tunadaksa kelas IV/D di SLB Negeri Barru. Permasalan utama yang dikaji adalah apakah penerapan teknik penjumlahan berulang dapat meningkatkan kemampuan belajar operasi perkalian murid tunadaksa kelas IV/D di SLB Negeri Barru. Adapun rincian rumusan masalah penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah kemampuan belajar operasi perkalian sebelum dan setelah penerapan teknik penjumlahan berulang pada murid tunadaksa kelas IV SLB Negeri Barru ? (2) Apakah kemampuan belajar operasi hitung perkalian meningkat setelah penerapan teknik penjumlahan berulang pada murid tunadaksa kelas IV SLB Negeri Barru ? Tujuan penelitian ini adalah; Untuk mengetahui kemampuan belajar operasi perkalian sebelum dan setelah penerapan teknik penjumlahan berulang pada murid tunadaksa kelas IV SLB Negeri Barru. Dan untuk mengetahui kemampuan belajar operasi hitung perkalian setelah penerapan teknik penjumlahan berulang pada murid tunadaksa kelas IV SLB Negeri Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif pada murid tunadaksa kelas IV/D di SLB Negeri Barru. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis bentuk isian singkat. Jumlah subjek penelitian sebanyak dua (2) orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Murid tunadaksa kelas dasar IV di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Barru memiliki kemampuan belajar operasi perkalian yang rendah sebelum penerapan teknik penjumlahan berulang. (2) Murid tunadaksa kelas dasar IV di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Barru memiliki kemampuan belajar operasi perkalian yang tinggi setelah penerapan teknik penjumlahan berulang. (3) Ada peningkatan kemampuan belajar operasi perkalian murid tunadaksa kelas dasar IV di SLB Negeri Barru setelah penerapan teknik penjumlahan berulang pada pembelajaran perkalian

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:30
Last Modified: 17 Jan 2022 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21790

Actions (login required)

View Item View Item