PERANCANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PELAJARAN BAHASA DAERAH (LONTARA BUGIS)

Nur, Ilham (2020) PERANCANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PELAJARAN BAHASA DAERAH (LONTARA BUGIS). S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI ILHAM NUR (1386141022).pdf

Download (1MB)

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk membuat media ajar yang menarik dalam mengenalkan Aksara Lontara Bugis untuk anak usia 6-8 tahun sehingga dapat meningkatkan minat baca tulis bahasa daerah sejak dini khususnya di Sulawesi Selatan tepatnya di daerah Barru adalah SDN Inpres Barru 1 yang merupakan Sekolah Dasar yang menerapkan pembelajaran Bahasa Daerah. Adapun hasil dari perancangan ini adalah berupa video animasi 3D pengenalan huruf Aksara Lontara Bugis. Video animasi 3D yang menarik akan lebih disukai anak-anak. Video Animasi 3D ini merupakan video yang dirancang dengan karakter cartoon yang delengkapi dengan melodi musik dan lagu yang riang dapat membuat anak-anak lebih antusias dan semangat. Daya tarik Video Animasi 3D inilah yang digunakan sebagai media pengenalan dasar Aksara Lontara Bugis untuk anak-anak. Konsep desain yang diterapkan dalam perancangan ini sesuai dengan target audiens yaitu anak usia dini 6-8 tahun maka konsep desain yang diusung adalah menyenangkan belajar sambil bermain, karena anak Sekolah Dasar pada dasarnya tidak boleh di bebani dengan system pembelajaran formal yang pada akhirnya dapat membuat anak merasa terbebani dan malas belajar. Video Animasi 3D yang dirancang sangat mudah diakses dimanapun baik melalui, smartphone, laptop, komputer PC, tablet maupun menggunakan CD/DVD Player. Video Animasi 3D dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri ataupun digunakan dengan bimbingan guru/orangtua. Kata Kunci: Perancangan Media Pembelajaran, Multimedia, Aksara Lontara Bugis, Animasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:37
Last Modified: 12 Apr 2022 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21787

Actions (login required)

View Item View Item