PEMBELAJARAN SENI MENEMPEL (MOSAIK) DENGAN MENGGUNAKAN BIJI-BIJIAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 252 LAERUNG KABUPATEN WAJO

Sri Rahayu, Nutri (2021) PEMBELAJARAN SENI MENEMPEL (MOSAIK) DENGAN MENGGUNAKAN BIJI-BIJIAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 252 LAERUNG KABUPATEN WAJO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NUTRI SRI RAHAYU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran seni menempel (mosaik) dengan menggunakan biji-bijian bagi peserta didik kelas IV SDN 252 Laerung Kabupaten Wajo (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni menempel (mosaik) dengan menggunakan biji-bijian bagi peserta didik kelas IV SDN 252 Laerung Kabupaten Wajo (3) Untuk mendeskripsikan penilaian pembelajaran seni menempel (mosaik) dengan menggunakan biji-bijian bagi peserta didik kelas IV SDN 252 Laerung Kabupaten Wajo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil karya peserta didik dalam berkarya seni menempel (mosaik) dengan menggunakan biji-bijian bagi peserta didik kelas IV SDN 252 Laerung Kabupaten Wajo. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan analisis deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah pada kelas IV dengan jumlah peserta didik 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru kelas IV SDN 252 Laerung sudah masuk pada kategori baik, itu dapat dilihat pada instrument penilaian kinerja guru kelas dalam membuat RPP. Semua komponen-komponen dalam RPP tersebut sudah terpenuhi dan poin-poin pada pembelajaran seni budaya dan prakarya sudah dicantumkan dalam RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran, merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan tiga kegiatan, yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Penilaian pembelajaran, sebagaimana yang terlihat pada aspek penilaian, di antaranya: teknik menempel, pemilihan bahan, dan keserasian, akan tetapi di sini penilaian guru terhadap teknik menempel kurang sesuai dikarenakan ada beberapa peserta didik mendapat nilai yang kurang dalam teknik menempel tetapi guru kelas memberikan nilai yang cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:37
Last Modified: 12 Apr 2022 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21784

Actions (login required)

View Item View Item