PENERAPAN TEKNIK SKIMMING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID TUNARUNGU KELAS MENENGAH VIII DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Nurul Mutahara. B (2022) PENERAPAN TEKNIK SKIMMING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID TUNARUNGU KELAS MENENGAH VIII DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (42kB)
[img] Text
SAMPUL DALAM.docx

Download (108kB)
[img] Text
Surat Persetujuan Penelitian.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (14kB)
[img] Text
L7 dokumnetasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
L7 dokumnetasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Nurul Mutahara B. 2013. Penerapan Teknik Skimming Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Murid Tunarungu Kelas Menengah VIII Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M. Kes. dan Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan; Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penulisan skripsi ini adalah “Apakah penerapan teknik skimming dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid Tunarungu kelas menengah VIII di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik skimming dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid Tunarungu kelas menengah VIII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian adalah murid Tunarungu kelas menengah VIII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang masih aktif pada tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan dokumentasi hasil belajar murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman murid Tunarungu kelas menengah VIII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penerapan teknik Skimming berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukkan kemampuan membaca pemahaman keempat responden penelitian berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Sedangkan setelah pembelajaran dengan penerapan teknik Skimming pada murid Tunarungu kelas menengah VIII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan menunjukkan kemampuan membaca pemahaman keempat subjek mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Hal ini berarti bahwa keempat responden telah berada pada kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan teknik Skimming dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid Tunarungu kelas menengah VIII di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:14
Last Modified: 17 Jan 2022 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item View Item