Wiwin Wulandari (2022) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BABY FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (20kB) |
|
Text
isi sampul skripsi.docx Download (71kB) |
|
Text
ujian meja baby flashcard 1.docx Download (1MB) |
Abstract
WIWIN WULANDARI. 2013. Penerapan Media Permainan Baby Flashcard Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi Dibimbing oleh Dra.Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. dan Dra. Hj. Kasmawati, M.Si,; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang peningkatan perbendaharaan kata dengan menggunakan media permainan Baby Flashcard. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu: “Bagaimanakah perbendaharaan kata kelas dasar V di SLBN Pembina?”. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan setelah menggunakan media permainan Baby Flashcard kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi Sulawesi selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Peubah dalam penelitian ini yang dimaksudkan adalah peningkatan perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina dengan menggunakan Baby Flashcard. Populasi penelitian sebanyak 5 orang murid. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel sebelum menggunakan media permainan Baby Flashcard menunjukkan bahwa 2 murid mendapat kategori kurang, dan 3 murid mendapat kategori cukup. 2) Perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel sesudah menggunakan media permainan Baby Flashcard menunjukkan bahwa 1 murid mendapat kategori cukup dan 4 murid mendapat kategori baik. 3) Terdapat peningkatan perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel dari kategori sangat kurang menjadi kategori cukup, kategori cukup menjadi kategori baik, berarti pendekatan media permainan Baby Flashcard dapat meningkatkan perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 02:50 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 02:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21775 |
Actions (login required)
View Item |