PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BABY FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Wiwin Wulandari (2022) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BABY FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
isi sampul skripsi.docx

Download (71kB)
[img] Text
ujian meja baby flashcard 1.docx

Download (1MB)

Abstract

WIWIN WULANDARI. 2013. Penerapan Media Permainan Baby Flashcard Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi Dibimbing oleh Dra.Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. dan Dra. Hj. Kasmawati, M.Si,; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang peningkatan perbendaharaan kata dengan menggunakan media permainan Baby Flashcard. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu: “Bagaimanakah perbendaharaan kata kelas dasar V di SLBN Pembina?”. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan setelah menggunakan media permainan Baby Flashcard kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi Sulawesi selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Peubah dalam penelitian ini yang dimaksudkan adalah peningkatan perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina dengan menggunakan Baby Flashcard. Populasi penelitian sebanyak 5 orang murid. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel sebelum menggunakan media permainan Baby Flashcard menunjukkan bahwa 2 murid mendapat kategori kurang, dan 3 murid mendapat kategori cukup. 2) Perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel sesudah menggunakan media permainan Baby Flashcard menunjukkan bahwa 1 murid mendapat kategori cukup dan 4 murid mendapat kategori baik. 3) Terdapat peningkatan perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel dari kategori sangat kurang menjadi kategori cukup, kategori cukup menjadi kategori baik, berarti pendekatan media permainan Baby Flashcard dapat meningkatkan perbendaharaan kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLBN Pembina tingkat provinsi sul-sel.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:50
Last Modified: 17 Jan 2022 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item View Item