SAHRUNI H (2022) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN ABJAD JARI PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR IV SLB YAYASAN PENDIDIKAN BUNGA BIRAENG KEC. BONTONOMPO KAB. GOWA.
Text
1.Sampul Depan.docx Download (36kB) |
|
Text
2.HAL.DPN.doc Download (104kB) |
|
Text
3.BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
4.BAB II.doc Download (281kB) |
|
Text
5.BAB III.doc Download (63kB) |
|
Text
6.BAB IV Acc.docx Download (70kB) |
|
Text
7.BAB V.doc Download (31kB) |
|
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.doc Download (35kB) |
|
Text
9.Lampiran_ Kisi-kisi.docx Download (33kB) |
|
Text
11.Foto Penelitian.docx Download (1MB) |
|
Text
12.RIWAYAT HIDUP.docx Download (58kB) |
Abstract
Sahruni H, 2012. Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan penguasaan abjad jari pada murid tunarungu Kelas Dasar IV SLB Yayasan Pendidikan Bunga Biraeng Kec. Bontonompo Kab. Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M.Shodiq AM, M.Pd dan Dr.Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan penguasaan abjad jari dengan menggunakan media gambar pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Yayasan Pendidikan Bunga Biraeng Kec. Bontonompo Kab. Gowa?. Tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui penguasaan abjad jari melalui penggunaan media gambar pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Yayasan Pendidikan Bunga Biraeng Kec. Bontonompo Kab. Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu peubah, yakni penguasaan abjad jari melalui penggunaan media gambar. Populasi penelitian sebanyak 4 orang murid. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes perbuatan yaitu untuk memperolah gambaran kemampuan penguasaan abjad jari murid tunarungu, baik sebelum maupun sesudah pengajaran dengan penggunaan media gambar. dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan penguasaan abjad jari murid tunarungu kelas dasar IV di SLB Yayasan Pendidikan Bunga biraeng Kec. Bontonompo Kab. Gowa sebelum pengajaran melalui penggunaan media gambar menunjukkan kategori kurang mampu.2) Kemampuan penguasaan abjad jari murid tunarungu kelas dasar IVdi SLB Yayasan Pendidikan Bunga Biraeng Kec. Bontonompo Kab. Gowa sesudah pengajaran melalui penggunaan media gambar menunjukkan peningkatan menjadi mampu dan sangat mampu.3) Terdapat peningkatan kemampuan penguasaan abjad jari murid tunarungu kelas dasar IVdi SLB Yayasan Pendidikan Bunga Biraeng Kec. Bontonompo Kab. Gowa dari kategori kurang mampu menjadi kategori mampu dan sangat mampu, yang berarti metode pengajaran melalui penggunaan media gambar terbukti efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 02:38 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 02:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21774 |
Actions (login required)
View Item |