Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI Jurusan DPIB SMK Negeri 3 Makassar di Masa Pandemi Covid-19

Arfandi, Anas and Natsir, Taufiq (2021) Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Kelas XI Jurusan DPIB SMK Negeri 3 Makassar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 8 (2). pp. 31-38. ISSN 2721-7612

[img] Text (Peer Review Artikel)
Peer Review Jurnal Nasional Arifuddin.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Artikel Ilmiah)
2021 Raden Safira 22977-56613-1-SM.pdf - Published Version

Download (384kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/22977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas dalam penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19, khususnya pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Selain itu untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung, metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 3 Makassar tahun ajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian siswa kelas XI DPIB dengan jumlah sampel 31 siswa. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan dan pemahaman pembelajaran daring sudah baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan dan hambatan pada pelaksanaannya. Dari analisis data hasil tes, bahwa hasil tes yang telah dilakukan kepada 31 siswa adalah 8 siswa memiliki kecenderungan sangat tinggi, 9 siswa memiliki kecenderungan tinggi,. 13 siswa memiliki kecenderungan rendah. 1 siswa memiliki kecenderungan sangat rendah. Ketuntasan secara individu siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 orang, sedangkan 24 lainnya tidak tuntas. Dengan demikian Efektifitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI DPIB termasuk dalam kategori rendah dan menunjukkan hasil yang tidak efektif.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Anas Arfandi
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:34
Last Modified: 17 Jan 2022 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21773

Actions (login required)

View Item View Item