ANALISIS KESULITAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN KOTA MAKASSAR

Hj. Aminah (2022) ANALISIS KESULITAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (36kB)
[img] Text
Bab I Aminah.docx

Download (20kB)
[img] Text
Bab II Aminah.docx

Download (38kB)
[img] Text
Bab III Aminah.docx

Download (20kB)
[img] Text
Bab IV Aminah.docx

Download (36kB)
[img] Text
Bab V Aminah.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lamp 1 Observasi.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lamp 2 Wawancara.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lamp 3 Instrumen Tes.docx

Download (20kB)

Abstract

Hj. Aminah. 2012. Analisis Kesulitan Menulis Permulaan Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si., Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah kesulitan menulis permulaan apakah yang dialami murid tunagrahita ringan kelas dasar II dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan menulis permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian non-interaktif atau disebut juga penelitian analitis, yakni mengadakan pengkajian berdasarkan analisis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan menulis permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II adalah kesulitan memegang pensil secara mandiri, kesulitan menulis huruf-huruf tertentu seperti a,d,f,g,h,k,r,o,s,u, dan z kesulitan menulis nama sendiri tanpa bimbingan dari guru, kesulitan menulis pada garis yang tepat, kesulitan mengontrol ukuran huruf dan penggunaan spasi, dan kesulitan dalam mengatur posisi duduk dan posisi kertas dengan tepat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:03
Last Modified: 17 Jan 2022 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item View Item