PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FUN THINKERS PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS DASAR I DI SLB-C YPPLB MAKASSAR

ANDI SATRIA (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FUN THINKERS PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS DASAR I DI SLB-C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.doc

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB I, II, III, IV, & V.doc

Download (1MB)
[img] Text
Batas Lampiran.docx

Download (10kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (36kB)

Abstract

ANDI SATRIANA, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Fun Thinkers pada Murid Tunagrahita Kelas Dasar I di SLB-C YPPLB Makassar. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M. Si dan Dr. Bastiana, M. Si. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji hasil belajar Matematika dengan menggunakan media Fun Thinkers. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media Fun Thinkers pada murid tunagrahita kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media Fun Thinkers pada murid tunagrahita kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), fokus penelitian ini adalah penerapan media Fun Thinkers dalam pembelajaran Matematika dan hasil belajar Matematika, subjek penelitian adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar sebanyak 5 orang terdiri dari 1 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk tes dan analisis data kualitatif untuk observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada siklus pertama menggunakan media Fun Thinkers pada murid tunagrahita kelas dasar I di SLB-C YPPLB Makassar menunjukkan bahwa hasil belajar matematika murid mencapai nilai rata-rata 56 atau pada kategori tidak tuntas. Sedangkan hasil penelitian pada siklus kedua menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh murid mencapai nilai rata-rata 76 atau pada kategori tuntas. Jadi, media Fun Thinkers dapat meningkatkan hasil belajar murid tunagrahita pada pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:56
Last Modified: 17 Jan 2022 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21768

Actions (login required)

View Item View Item