EKSISTENSI TRADISI MAPPASIKARAWA DALAM UPACARA PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS (STUDI PADA MASYARAKAT DESA DI WILAYAH KECAMATAN PITUMPANUA KABUPATEN WAJO)

Ridiliadi. M, Ridiliadi. M and Sudirman, Muh and Mustari, Mustari (2021) EKSISTENSI TRADISI MAPPASIKARAWA DALAM UPACARA PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS (STUDI PADA MASYARAKAT DESA DI WILAYAH KECAMATAN PITUMPANUA KABUPATEN WAJO). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal ridi fix 01.pdf

Download (381kB)

Abstract

RIDILIADI. M, 2021. “Eksistensi Tradisi Mappasikarawa dalam Upacara Perkawinan Masyarakat Bugis (Studi pada Masyarakat Desa di Wilayah Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo)’’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan tradisi mappasikarawa (2) makna tradisi mappasikarawa (3) pandangan masyarakat tentang tradisi mappasikarawa. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo . Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini ialah eksistensi tradisi mappasikarawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan mappasikarawa ini di awali dengan cara mempertemukan pengantin pria dan wanita dalam kamar yang ditindaklanjuti dengan menyentuh anggota tubuh tertentu mempelai wanita oleh mempelai laki-laki yang dituntun oleh pappasikarawa dengan harapan agar pengantin tersebut kelak mendapatkan kebahagian, kedamaian, keselamatan, dan kesejahteraan dalam mengarungi kehidupan berumah tangga (2) Makna mappasikarawa dalam tradisi perkawinan masyarakat bugis yaitu untuk mengakrabkan (mappasiame) kedua mempelai agar saling rukun atau dalam agama diistilahkan sebagai keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. (3) Pendapat para tokoh masyarakat tentang tradisi mappasikarawa memiliki pandangan yang berbeda-beda meskipun tujuan akhir yang ingin dicapai adalah menginginkan kerukunan dan keharmonisan dari kedua mempelai. Kata Kunci : Eksistensi, Mappasikarawa, Perkawinan, Masyarakat Bugis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:40
Last Modified: 14 Jan 2022 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21762

Actions (login required)

View Item View Item