PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA PADA MURID TUNANETRA LOW VISION KELAS DASAR I DI SLB KARYA MURNI RUTENG

Agustinus Palis (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA PADA MURID TUNANETRA LOW VISION KELAS DASAR I DI SLB KARYA MURNI RUTENG.

[img] Text
ROMAWI SKRIPSI AGUSTINUS NTT.doc

Download (108kB)
[img] Text
SRIPSI AGUSTINUS NTT.doc

Download (32MB)

Abstract

Agustinus Palis, 2012. Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Penggunaan Metode Jarimatika pada Murid Tunanetra Low Vision Kelas Dasar I Di SLB Karya Murni Ruteng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah murid tidak memahami konsep penjumlahan dan pengurangan yang ditandai dengan adanya kesalahan melakukan penjumlahan dan pengurangan. Untuk mengatasi masalah ini penulis menggunakan metode jarimatika dalam pembelajaran. Metode jarimatika bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada murid tuna netra low vision ( kurang lihat) kelas dasar I di SLB Karya Murni Ruteng setelah diberi tindakan. Faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah faktor input, faktor proses dan faktor out put. Prosedur penelitiannya dijalankan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, plaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran dari penelitian tindakan kelas ini adalah murid kelas dasar I SLB Karya Murni Ruteng tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan dengan metode jarimatika adalah: (1) pada siklus I perolehan nilai masing-masing murid tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah dan pada siklus II nilai perolehan masing-masing murid sudah meningkat yaitu telah mencapai KKM. (2) terjadi peningkatan keaktifan dan penguasaan materi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika metode jarimatika diterapkan maka dapat meningkatkan Hasil Belajar penjumlahan dan pengurangan anak tunanetra kurang lihat kelas dasar I di SLB Karya Murni Ruteng Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:34
Last Modified: 14 Jan 2022 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21759

Actions (login required)

View Item View Item