Teresia Yeni (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB BHAKTI LUHUR MAUMERE.
Text
ABSTRAK.docx Download (48kB) |
|
Text
TERESIA YENI.doc Download (715kB) |
Abstract
TERESIA YENI, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLB Bhakti Luhur Maumere. dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M. Hum dan Dr. Parwoto, M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah ini berangkat dari rendahnya hasil belajar matematika pada murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar matematika pada murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere sesudah pendekatan kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun jumlah populasi sebanyak 8 orang murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika pada murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere sebelum pendekatan kooperatif termasuk kategori belum berhasil (tuntas) sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran matematika dan sesudah pendekatan kooperatif hasil belajar matematika pada murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere termasuk dalam kategori berhasil (tuntas) sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran matematika. Namun ada 1 orang murid tidak berhasil (tuntas) dalam pembelajarannya, tetapi dari segi perolehan nilai nampak terjadi peningkatan dari tes awal sampai dengan tes akhir. Adanya perbedaan hasil belajar matematika pada murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere sebelum pendekatan kooperatif dengan sesudah pendekatan kooperatif, artinya dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika pada murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada guru, agar menggunakan pendekatan kooperatif dalam pembelajaran matematika aspek penjumlahan dan pengurangan sehingga murid tunargahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bentuk bersusun.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 06:16 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 06:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21756 |
Actions (login required)
View Item |