PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN PENGURANGAN BERSUSUN MELALUI PENGGUNAAN CUBARITME PADA MURID TUNANETRA KELAS II DI SLB KARYA MURNI RUTENG KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Maria Carolina Dagung (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN PENGURANGAN BERSUSUN MELALUI PENGGUNAAN CUBARITME PADA MURID TUNANETRA KELAS II DI SLB KARYA MURNI RUTENG KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR.

[img] Text
SKRIPSI MARIA CAROLINA DAGUNG. PENYETARAAN NTT 2012..doc

Download (1MB)

Abstract

Maria Carolina Dagung, 2012. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Pengurangan Bersusun Melalui Penggunaan Cubaritme Pada Murid Tunanetra kelas II di SLB Karya Murni Ruteng, Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mustafa, M.Si dan Drs. Ahmad Tohir Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yaitu murid tunanetra kelas II pada SLB Karya Murni Ruteng belum bisa menyelesaikan pengurangan bersusun dengan teknik meminjam. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penggunaan cubaritme dalam pembelajaran matematika, keaktifan murid tunanetra dalam penggunaan media cubaritme dan apakah penggunaan cubaritme dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan bersusun 0 s/d 500 dengan teknik meminjam. Penelitian ini bertujuan penggunaan cubaritme dalam pembelajaran matematika, keaktifan murid tunanetra dalam penggunaan media cubaritme dan peningkatan kemampuan menyelesaikan pengurangan bersusun 0 s/d 500 dengan teknik meminjam. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang prosedur penelitiannya dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan pemaparan data kulitatif dan kuantitatif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: penggunaan cubaritme dalam pembelajaran matemátika, keaktifan murid dan kemampuan penggunaan cubaritme pada murid tunanetra. Subjek penelitian 2 orang murid tunanetra kelas II pada SLB Karya Murni Ruteng. Data diperoleh melalui observasi dan tes serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan cubaritme dalam pembelajaran matematika pada siklus I guru berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik, (2) keaktifan murid pada siklus I kurang dan siklus II menjadi baik dengan menggunakan media cubaritme (3) kemampuan menyelesaikan pengurangan dengan teknik meminjam murid tunanetra kelas dasar II SLB Karya Murni Ruteng melalui penggunaan cubaritme pada siklus I belum mencapai stándar KKM dan pada siklus II sudah mencapai stándar KKM. Dengan demikian maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan cubaritme dapat meningkatkan keaktifan murid dan guru serta meningkatkan kemampuan menyelesaikan pengurangan bersusun dengan teknik meminjam pada murid tunanetra kelas dasar II SLB Karya Murni Ruteng.

Item Type: Article
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:05
Last Modified: 13 Jan 2022 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21746

Actions (login required)

View Item View Item