Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Murid Tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar

Rosmiati (2022) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Murid Tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar.

[img] Text
SKRIPSI ROSMIATI.docx

Download (223kB)

Abstract

Rosmiati. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Murid Tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar. Skrpsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Jurusan PLB. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah; (1). Bagaimanakah hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan sebelum menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada murid tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar? (2). Bagaimanakah hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan setelah menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada murid tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar? (3). Adakah peningkatan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan setelah digunakan pembelajaran berbasis masalah pada murid tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar? Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan sebelum menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada murid tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar. (2). Untuk mengetahui hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan setelah menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada murid tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar. (3). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan setelah digunakan pembelajaran berbasis masalah pada murid tunanetra kelas III di SLB-A YAPTI Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dalam bentuk isian singkat. Jumlah subjek penelitian ini adalah sebanyak tiga (3) orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar memiliki hasil belajar matematika yang rendah sebelum penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika. (2). Murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar memiliki hasil belajar matematika yang memuaskan setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika. (3) Ada peningkatan hasil belajar matematika murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:44
Last Modified: 13 Jan 2022 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21745

Actions (login required)

View Item View Item