PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN MOTORIK HALUS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAGI MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI ENDE

STEFENI JARU (2022) PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN MOTORIK HALUS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAGI MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB NEGERI ENDE.

[img] Text
Sampul.docx

Download (23kB)
[img] Text
JUDUL-DAFTAR ISI Stefeni baru.doc

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (40kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (65kB)

Abstract

Stefeni Jaru, 2012. Pengaruh Pemberian Latihan Motorik Halus Terhadap Kemampuan Menulis Bagi Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II Di SLB Negeri Ende. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M. Si. d Drs. M.Shodiq AM. M. Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasar. Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi murid tunagrahita di SLB Negeri Ende yang mengalami kesulitan dalam hal menulis. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan menulis pada anak kelas dasar II sebelum diberi latihan motorik halus?. 2) Bagaimanakah kemampuan menulis pada anak kelas dasar II setelah diberikan latihan motorik halus?. 3) Adakah pengaruh latihan motorik halus terhadap kemampuan menulis pada anak kelas dasar II di SLB Negeri Ende? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan motorik halus terhadap kemampuan menulis pada anak tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen. Adapun populasi penelitian sebanyak 5 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan menulis murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sebelum pemberian latihan motorik halus berada dalam kategori tidak tuntas. 2) Kemampuan menulis murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sesudah pemberian latihan motorik halus berada dalam kategori tuntas. 3) Ada peningkatan kemampuan menulis murid tunagrahita ringan kelas dasar II melalui latihan motorik halus, berarti bahwa pengaruh pemberian latihan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan menulis pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian latihan motorik halus terhadap kemampuan menulis bagi murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:56
Last Modified: 13 Jan 2022 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21737

Actions (login required)

View Item View Item