Heriberta Cornelia Nalu (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB BHAKTI LUHUR MAUMERE.
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN 12.doc Download (86kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (81kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (142kB) |
|
Text
BAB III-1.doc Download (78kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (199kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (55kB) |
|
Text
DP-1.doc Download (62kB) |
|
Text
Instrumen IPS.doc Download (46kB) |
|
Text
Lampiran.docx Download (33kB) |
|
Text
Dokumentasi.docx Download (847kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Download (25kB) |
Abstract
Heriberta Cornelia Nalu, 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mustafa, MS.i dan Drs. Achmad Tohir. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengeahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bhakti Luhur Maumere. Rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode bermain peran pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode bermain peran pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dilaksanakan sebanyak dua (2) kali yaitu tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak delapan (8) orang terdiri dari tiga (3) laki-laki dan lima (5) perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere sebelum penerapan metode bermain peran berada pada kategori “tidak tuntas”. (2) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere sesudah penerapan metode bermain peran berada pada kategori “tuntas”. (3) Ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere setelah diberikan pembelajaran IPS dengan metode bermain peran. Artinya prestasi belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere meningkat setelah diberikan metode bermain peran. Itu menunjukkan bahwa metode bermain peran memberikan konstribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:45 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21735 |
Actions (login required)
View Item |