PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB BHAKTI LUHUR MAUMERE

Heriberta Cornelia Nalu (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB BHAKTI LUHUR MAUMERE.

[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN 12.doc

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (142kB)
[img] Text
BAB III-1.doc

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (55kB)
[img] Text
DP-1.doc

Download (62kB)
[img] Text
Instrumen IPS.doc

Download (46kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (33kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (847kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (25kB)

Abstract

Heriberta Cornelia Nalu, 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mustafa, MS.i dan Drs. Achmad Tohir. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ilmu Pengeahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bhakti Luhur Maumere. Rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode bermain peran pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode bermain peran pada murid tunagrahita ringan kelas Dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dilaksanakan sebanyak dua (2) kali yaitu tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak delapan (8) orang terdiri dari tiga (3) laki-laki dan lima (5) perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere sebelum penerapan metode bermain peran berada pada kategori “tidak tuntas”. (2) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere sesudah penerapan metode bermain peran berada pada kategori “tuntas”. (3) Ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere setelah diberikan pembelajaran IPS dengan metode bermain peran. Artinya prestasi belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere meningkat setelah diberikan metode bermain peran. Itu menunjukkan bahwa metode bermain peran memberikan konstribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Bhakti Luhur Maumere

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:45
Last Modified: 13 Jan 2022 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21735

Actions (login required)

View Item View Item