Astuti Abdullah (2022) PENERAPAN METODE PENEMUAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.
Text
Sampul.docx Download (30kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (88kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (55kB) |
|
Text
Bab III.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (28kB) |
|
Text
Daftar pustaka.docx Download (21kB) |
|
Text
Instrument.docx Download (42kB) |
|
Text
Rekapitulasi Data Reel.docx Download (85kB) |
|
Text
Riwayat hidup.docx Download (43kB) |
Abstract
Astuti Abdullah. Skripsi 2012. Penerapan Metode Penemuan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi dibimbing oleh Drs. M. Shodiq AM, M. Pd. dan Drs. Nahrawi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah anak belum bisa klasifikasi sumber energi panas dan belum bisa menemukan benda-benda apa saja yang menghasilkan panas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi melalui penggunaan metode penemuan. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata prestasi belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi sebelum penggunaan metode penemuan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) termasuk dalam kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah diterapkan metode penemuan pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan mengalami peningkatan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi kategori tuntas. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan metode penemuan dapat meningkatkan kemampuan prestasi belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:21 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21733 |
Actions (login required)
View Item |