PENERAPAN METODE PENEMUAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Astuti Abdullah (2022) PENERAPAN METODE PENEMUAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
Sampul.docx

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
Bab III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (28kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
Instrument.docx

Download (42kB)
[img] Text
Rekapitulasi Data Reel.docx

Download (85kB)
[img] Text
Riwayat hidup.docx

Download (43kB)

Abstract

Astuti Abdullah. Skripsi 2012. Penerapan Metode Penemuan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi dibimbing oleh Drs. M. Shodiq AM, M. Pd. dan Drs. Nahrawi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah anak belum bisa klasifikasi sumber energi panas dan belum bisa menemukan benda-benda apa saja yang menghasilkan panas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi melalui penggunaan metode penemuan. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 2 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata prestasi belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi sebelum penggunaan metode penemuan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) termasuk dalam kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah diterapkan metode penemuan pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan mengalami peningkatan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi kategori tuntas. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan metode penemuan dapat meningkatkan kemampuan prestasi belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:21
Last Modified: 13 Jan 2022 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21733

Actions (login required)

View Item View Item